photo Banner1_zpsb41d32c5.jpg

Jumat, 11 Januari 2013

Manajemen Waktu Mahasiswa

Manajemen Waktu
Seorang mahasiswa akan memperoleh nilai tambah, jika ia tidak hanya sibuk dengan nilai akademis tetapi juga aktif berorganisasi. Mengapa dikatakan nilai tambah? Karena dengan berorganisasi, ia bakal terbiasa bekerjasama dengan orang lain (work as a team), memiliki jiwa kepemimpinan (work as a leader), terbiasa bekerja dengan manajemen (work with management). Di masa depan, skill tersebut sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia yang sebenarnya. Tetapi kadang seorang mahasiswa aktivis organisasi menemui kendala dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi.

Berikut adalah beberapa tips yang mudah-mudahan dapat menginspirasi Anda :

1. ISTIRAHATLAH DENGAN BIJAK
Sebenarnya tidak bisa disebut sebagai manajemen waktu, karena waktu bersifat tetap, tak kurang dan tak lebih. wacana ini lebih kepada kemampuan kita untuk mengurangi waktu istirahat atau beristirahat seefisien mungkin. Istirahat yang terlampau lama akan membuang waktu kita dengan percuma. Gunakan waktu senggang saat jadwal kuliah kosong untuk duduk sejenak dan meminum sesuatu. Anda dapat berbaring dan memejamkan mata Anda untuk 20 menit. Menurut riset, waktu 20 menit untuk tidur pada siang hari bermanfaat untuk mengembalikan fokus pikiran kita.

Selain itu, bulatkan tekad Anda untuk tidak bermalas-malasan. Terlebih, anda akan sulit mengejar ketertinggalan materi dengan waktu tidur anda yang lebih dari 6 jam sehari. Sekedar info, jika Anda telah terbiasa, Anda dapat beraktifitas seharian penuh dengan hanya tidur kurang dari 3 jam sehari. Korbankan waktu tidur Anda untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

2. TETAPKAN SKALA PRIORITAS
Kegiatan mahasiswa begitu banyak. begitu banyaknya sampai Anda tak menyadari kalau hari telah gelap. Namun,  jangan sampai Anda menggunakan waktu Anda dengan kesibukan dan kegiatan yang sia-sia. Tetapkan prioritas Anda dalam sehari.

Selaraskan waktu belajar, menjaga kesehatan, bergaul dan beribadah Anda dengan baik. Sebaiknya hal-hal yang tak membawa manfaat untuk Anda harus Anda tinggalkan. menyempatkan waktu sebentar sebelum tidur malam untuk merencanakan kegiatan esok hari adalah langkah yang baik untuk memulai penetapan skala prioritas. Jangan terkecoh dengan pikiran Anda mengenai prioritas. Tetap kan HAL_HAL yang PENTING DAN MENDESAK pada skala teratas dan HAL yang TIDAK PENTING DAN TIDAK MENDESAK pada dasar prioritas.



3. JADILAH DIRI SENDIRI
Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk berpikir kritis dan kreatif. Apa jadinya jika kita masih mengekor kemana setiap teman kita pergi. Jangan menjadi orang yang selalu mengikuti dari belakang. Bermain itu perlu, namun tidak terlalu sering. Kegiatan bersama teman lebih banyak pada menghabiskan waktu untuk diam dan mengobrol. Fokuskan waktu dari senin sampai jumat untuk kuliah dan berkontribusi. Lalu fokuskan waktu sabtu dan minggu untuk berekreasi dan tetap berkontribusi. Dengan begitu, waktu kita takkan terbuang dengan percuma dan kita tidak perlu mengikuti kemana teman mengajak kita.

Ingatlah kembali tujuan Anda dengan masuk ke Perguruan Tinggi.

4. MANFAATKAN WAKTU MENUNGGU
Dalam kehidupan kita sehari-hari, ada satu waktu yang setiap orang pasti dan selalu kesal dalam mengalaminya. Yaitu menunggu. Menunggu memang menjengkelkan dan pasti membuang waktu kita dengan percuma. Alasan mengapa orang sangat membenci penantian adalah karena tak ada hal yang dapat mereka lakukan saat itu. Tapi pandangan itu tak sepenuhnya tepat.

Manfaatkan waktu kita menunggu dengan kegiatan apapun yang dapat kita lakukan. hal paling sederhana yang bisa kita peroleh dari menunggu adalah ilmu. Kok bisa ? Ya. Pada dasarnya, tujuan kita hidup adalah untuk mencari ilmu. Bahkan Rasulullah SAW pun memerintahkan kita untuk mencari ilmu sampai ke negeri china.

Saat menunggu, kita bisa membaca sesuatu. Entah itu surat kabar, catatan kecil dll. Anda pun dapat sambil menulis sesuatu ketika menunggu. Sambil mendengarkan musik pun dapat menambah pengetahuan kita (Anda dapat mendengarkan musik-musik mancanegara dan fokus pada liriknya untuk menambah vocabulary anda).

Be smart !!

5. LAKUKAN HANYA HAL YANG BERMANFAAT
Pikirkan hal yang satu ini : “mampatkan waktu yang kita miliki dengan hal-hal yang berguna. karena jika kita tidak, kita pasi melakukan hal yang sia-sia

Waktu setiap manusia itu sama. Porsinya sama, tak kurang tak lebih. 24/7. Namun mengapa kita berbeda ? Mengapa ada orang yang rajin dan orang yang malas, orang yang kaya dan orang yang miskin ? Perbedaan nya hanya pada pemanfaatan waktu mereka.

Optimalkan waktu yang Anda miliki. Karena waktu merupakan satu dari 5 hal yang tak dapat Anda tarik kembali.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: